Bald Eagle

(Berita Mingguan GITS 2Februari2013, sumber: www.wayoflife.org)

Bald Eagle (elang kepala putih) yang agung adalah burung nasional Amerika sejak tahun 1782. Burung ini adalah burung pemangsa yang besar, dengan tinggi hampir satu meter, dengan berat 4 hingga 6,5 kg, dengan rentang sayap 2-3 meter. Habitatnya mencakup kebanyakan Amerika Utara. Ia memiliki bulu kepala dan ekor yang putih terang, badan dan sayapnya coklat, dan kaki serta paruhnya kuning terang. Burung ini memiliki penglihatan yang sangat luar biasa, dan posisi matanya yang frontal memberikannya penglihatan binokular sekaligus periferal.

Ia dapat melihat mangsa dari sejauh 1 mil bahkan lebih. Elang kepala putih dapat mencapai kecepatan lebih dari 55 km per jam saat terbang lurus dan menukik dengan kecepatan 160 km per jam. Elang kepala putih adalah suatu maha karya dalam hal teknik pengurangan berat dan micro-engineering. Tulang-tulangnya berongga, dengan penguat di beberapa tempat untuk memperkokoh integritas struktur, dan seluruh tulang rangkanya hanyalah sedikit di atas seperempat kilogram. Ini memungkinkan sang burung cukup ringan sehingga bisa tinggal landas dan terbang, tetapi cukup kuat untuk menerkam turun kepada mangsa dalam kecepatan tinggi dan mengangkat mangsa, dll.

Seekor elang kepala putih memiliki kurang lebih 7000 bulu yang ringan tetapi sangat kuat, semua bulunya hanya memiliki berat total 600 gram. Bulu-bulu terbangnya mengandung struktur mikroskopik luar biasa yang saling mengunci, terdiri dari apa yang disebut barb dan barbule (setiap bulu dipertahankan oleh lebih dari 350.000 cantelan barbule), dan ada empat jenis bulu terang, tiap-tiap jenisnya memainkan peran yang berbeda dan penting dalam kemampuan terbang burung tersebut. Bulu-bulu ini memerangkap lapisan-lapisan udara untuk melindungi burung dari panas, dingin, dan hujan.

Burung ini memiliki kendali sempurna atas setiap bagian sayap dan ekornya untuk mendapatkan kemampuan manuver. Ia membunuh mangsanya dengan kukunya yang kuat, yang dapat menciptakan tekanan sebesar 700 Newton per cm kuadrat dengan setiap kakinya. Elang kepala putih memilih pasangan hidupnya untuk seumur hidup, dan sepasang burung biasanya membesarkan sarang yang sama selama beberapa tahun. Di Barat Laut Pasifik, British Columbia, dan Alaska, elang-elang kepala putih berkumpul untuk menikmati ikan salmon yang lahir di musim dingin awal. Saya melihat kira-kira 200 elang kepala putih dalam suatu daerah 10 mil di Sungai Skagit di negara bagian Washington pada bulan Desember 2012.

Editor: Betapa agung pencipta elang kepala putih! Tidak mungkin binatang yang sangat hebat ini terjadi dengan sendirinya.

This entry was posted in Science and Bible. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *