Silinder Koresy Akan Tur di AS

(Berita Mingguan GITS 9Februari2013, sumber: www.wayoflife.org)

Silinder Koresy, salah satu artefak Arkeologi yang indah yang memberikan informasi latar belakang tentang zaman-zaman yang tertulis dalam Alkitab, dijadwalkan akan ditampilkan di lima museum di AS tahun ini, yaitu di New York, Washington D.C., Houston, San Francisco, dan Los Angeles. Koresy (576-530 SM), disebut 23 kali dalam Alkitab, dan adalah seorang raja Persia yang mengalahkan Kerajaan Babel dan mengeluarkan proklamasi yang memerintahkan pembangunan kembali Bait Yahudi (Ezra 1:1-4). Koresy disebutkan dalam nubuat sebelum ia lahir (Yesaya 44:28 dan 45:1). Para skeptik pernah menyangka bahwa catatan Alkitab tentang Koresy membebaskan orang-orang Yahudi, dan bagaimana dia memberikan kebebasan beragama, adalah mitos. Tetapi Silinder Koresy mengkonfirmasi bahwa itu memang adalah kebijaksanaan dia. Silinder tersebut, yang dimiliki oleh British Museum, mengandung teks dalam bahasa Akkadian yang menyatakan bahwa Koresy memiliki kebijaksanaan merestorasi para tawanan kembali ke negeri mereka dan membantu mereka mendirikan kembali bait-bait mereka. Silinder ini ditemukan di puing-puing bait Marduk di Babel pada tahun 1879.

Silinder ini berbunyi: “Saya mengembalikan kepada kota-kota kudus ini di seberang Tigris, bait-bait yang telah menjadi puing untuk waktu yang lama, gambar-gambar yang [tadinya] tinggal di dalamnya dan menegakkan mereka sebagai bait-bait permanen. Saya [juga] mengumpulkan semua penghuni mereka [yang dulu] dan mengembalikan mereka ke tempat asal mereka.”

Editor: Sewaktu saya mengunjungi London, saya ada melihat Silinder Koresy dipajang di British Museum. Sungguh, akurasi catatan Alkitab setiap hari dipertegas oleh penemuan-penemuan Arkeologi.

This entry was posted in Arkeologi. Bookmark the permalink.

1 Response to Silinder Koresy Akan Tur di AS

  1. Pingback: Silinder Koresy Cyrus Cylinder mencatat penggenapan nubuat Tuhan… | dennyhalim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *