English Page Halaman Indonesia

Salam dari Gembala Sidang


Sahabat,

Perkenalkan nama saya Suhento Liauw, dan istri saya Lie Lin. Kami sungguh senang anda menyempatkan diri mengunjungi Gereja Baptis GRAPHE secara on-line. Silakan jelajahi situs kami dan mengenal kami lebih dalam lagi. Tuhan senantiasa melakukan pekerjaan besar melalui kami. Yang jelas, saya dan istri saya akan merasa terhormat jika anda mengunjungi kami. Baik kunjungan saat kebaktian, atau kunjungan pada hari biasa di kantor saya, anda akan menemukan sambutan yang hangat dari seluruh pengerja kami. Pelayanan kami adalah pelayanan yang menjangkau individu dan memberi landasan kebenaran yang Alkitabiah, agar anda dapat bertumbuh dan melayani! Kami berlandaskan Alkitab, berpusatkan Kristus, dan berusaha untuk menjangkau setiap anggota keluarga.

Jika anda sedang mencari sebuah gereja yang Alkitabiah di daerah Jakarta yang berdiri dengan teguh dan tanpa malu di atas dasar-dasar iman, maka Gereja Baptis Independen Alkitabiah (GBIA) Graphe pastilah sangat cocok bagi anda dan keluarga. Doa kami adalah kita dapat berjumpa suatu ketika di masa depan. Datanglah dan lihatlah mengapa Pelayanan GBIA Graphe dapat menjadi tempat anda bertumbuh dan melayani.

  Dr. Suhento Liauw

 


 

Dr. Suhento Liauw beserta istri
Dr. Suhento Liauw beserta istri

Biografi singkat Dr. Suhento Liauw


Dr. Suhento Liauw dilahirkan pada tanggal 15 Februari 1959, dan diselamatkan pada umur 13 tahun oleh pelayanan beberapa misionari Baptis di kota Sintang, Kalimantan Barat. Ia dibaptis pada tahun 1974 oleh misionari yang didukung oleh gereja-gereja Baptis dari Jepang. Beliau aktif melayani di gerejanya semasa muda dan terlibat aktivitas penginjilan sejak masih remaja. Di masa pemuda, ia sangat aktif di berbagai gereja.  Beliau menikah dengan Liu Lie Lin (Nyonya Liauw) dan dikaruniai dua orang putra, Dr. Steven E. Liauw dan dr. Andrew M. Liauw. Kini, bulan Februari 2009, mereka berdua melayani Tuhan dengan cara mengobati secara jasmani (dokter umum) dan rohani (theolog). Dr. Suhento Liauw masuk sekolah Alkitab di Jakarta pada tahun 1984, selesai pada tahun 1987 dan diwisuda pada tahun 1989.

Beliau sudah mulai menggembalakan jemaat di Jakarta sejak tahun 1987, dan mengajar pelajaran Agama di Universitas Indonesia selama  6 tahun. Setelah kecewa dengan keadaan gereja yang penuh dengan kompromi dan terkungkung dalam sistem sinode yang tidak alkitabiah di Indonesia, beliau meninggalkan Indonesia pada tahun 1993 untuk belajar di Amerika Serikat dengan maksud tidak akan kembali lagi.

Namun kebenaran yang disingkapkan kepada beliau membuat beliau tersentak karena sedemikian jelas dan benar sesuai Alkitab. Kebenaran itu memaksa beliau bertekad akan kembali ke Indonesia untuk mendirikan gereja yang benar-benar alkitabiah. Akhirnya beliau menyelesaikan Doctor of Religious Education di Tabernacle Baptist Theological Seminary, Virginia Beach, USA pada tahun 1995, dengan provisiansi tes menerjemahkan Alkitab bahasa asli PL (dengan hasil 99%) dan PB (dengan hasil 94%).

Satu minggu setelah menginjakkan kaki kembali di Jakarta, tanggal 25 Juni 1995, Dr. Liauw memulai kebaktian pertama GBIA GRAPHE dan dihadiri oleh dua puluhan orang. Kini, setelah belasan tahun, berkat kasih karunia Tuhan GBIA GRAPHE bukan hanya berdiri kokoh sebagai tiang penopang kebenaran di Indonesia, bahkan telah mendirikan sebuah sekolah theologi dan melalui tamatannya telah mendirikan banyak jemaat lain di Seluruh Indonesia.

Dr. Liauw merasa perlu menambah pengetahuan theologis lagi, sehingga setelah belajar secara jarak-jauh dan melalui beberapa kali kunjungan dekan akademis Emanuel Baptist Theological Seminary ke Indonesia, beliau pergi ke Newington, USA pada tahun 2007 untuk mempertahankan thesis di hadapan para profesor EBTS untuk memenuhi tuntutan akhir gelar Doctor of Theology dari Emmanuel Baptist Theological Seminary, Newington, USA.

Beliau telah menulis lebih dari 30 judul buku doktrinal, menjadi editor buletin Pedang Roh selama 16 tahun (72 edisi), mengadakan seminar doktrinal sehari penuh lebih dari 100 kali, bahkan sering dua hari dua malam di Puncak. Beberapa kali mengadakan diskusi dan perdebatan dengan kaum Muslim ataupun kelompok kepercayaan lainnya.

Kerinduan Dr. Liauw sejak diselamatkan adalah memenangkan jiwa bagi Kristus sebanyak-banyaknya, dan kini tentu juga membantu tamatan GITS untuk mendirikan jemaat sebanyak-banyaknya. Yang terpenting dari semuanya ialah berdiri teguh membela kebenaran.

Hubungi Dr. Suhento Liauw melalui email: <drsuhentoliauw@gmail.com>

 

 
GBIA GRAPHE | Jl. Danau Agung 2, No. 5-7, Sunter| Jakarta 14350, INDONESIA | (021) 6471-4156 Peta Situs | Hubungi Kami